Selasa, 03 Februari 2015

desain produksi

Pengertian Desain Produk

Desain produk adalah proses menciptakan produk baru yang akan dijual oleh perusahaan untuk pelanggannya . [ 1 ] Sebuah konsep yang sangat luas , pada dasarnya generasi dan pengembangan ide-ide yang efektif dan efisien melalui proses yang mengarah ke produk-produk baru . [ 2 ]Dalam pendekatan sistematis , desainer produk konsep dan mengevaluasi ide-ide , dan mengubahnya menjadi penemuan yang nyata dan produk . Peran produk desainer adalah untuk menggabungkan seni, ilmu pengetahuan , dan teknologi untuk menciptakan produk-produk baru yang dapat digunakan orang lain . Peran mereka berkembang telah difasilitasi oleh alat digital yang sekarang memungkinkan desainer untuk berkomunikasi , memvisualisasikan , menganalisis dan benar-benar menghasilkan ide-ide nyata dalam cara yang akan mengambil tenaga kerja yang lebih besar di masa lalu .Desain produk kadang-kadang bingung dengan ( dan tentu tumpang tindih dengan ) desain industri , dan baru-baru ini menjadi istilah yang luas termasuk layanan , software , dan desain produk fisik . Desain industri yang bersangkutan dengan membawa bentuk artistik dan kegunaan , biasanya berhubungan dengan desain kerajinan dan ergonomi , bersama-sama untuk memproduksi massal barang . [ 3 ] Aspek lain dari desain produk meliputi desain engineering , terutama ketika hal fungsi atau utilitas ( misalnya pemecahan masalah ) menjadi pokok permasalahan , meskipun batas-batas tersebut tidak selalu jelas . [ 4 ]isi

    
Proses desain 1 Produk
        
1.1 Analisis
        
1.2 Konsep
        
Sintesis 1.3
    
2 inovasi Demand -pull dan inovasi penemuan - dorong
    
3 Produk ekspresi desain
    
Pertimbangan desain 4 Produk
    
5 Tren dalam desain produk
    
6 Lihat juga
    
7 Catatan
    
8 Referensi
    
9 Pranala luarProses desain produkAda berbagai proses desain produk dan banyak fokus pada aspek yang berbeda . Prosedur di bawah ini , misalnya, adalah " The Seven Universal Tahapan Creative Problem- Solving , " digariskan oleh Don Koberg dan Jim Bagnell . Ini membantu desainer merumuskan produk mereka dari ide-ide . Proses ini biasanya diselesaikan oleh sekelompok orang , yaitu desainer industri , para ahli bidang ( misalnya calon pengguna ) , insinyur , dll tergantung pada produk yang terlibat . Proses ini berfokus pada mencari tahu apa yang dibutuhkan , brainstorming ide-ide yang mungkin , menciptakan prototipe pura-pura, dan kemudian menghasilkan produk . Namun, itu bukanlah akhir dari proses. Pada titik ini , desainer produk masih perlu mengeksekusi ide , sehingga menjadi produk yang sebenarnya dan kemudian mengevaluasi keberhasilannya dengan melihat apakah ada perbaikan yang diperlukan .Proses desain produk telah mengalami lompatan besar dalam evolusi selama beberapa tahun terakhir dengan munculnya dan adopsi pencetakan 3D . New 3D printer ramah konsumen dapat menghasilkan dimensi benda dan mencetak atas dengan plastik seperti substansi bertentangan dengan printer tradisional yang tersebar tinta di halaman.Proses desain mengikuti pedoman yang melibatkan tiga bagian utama : [ 5 ]

    
analisa
    
konsep
    
perpaduanYang terakhir dua bagian sering ditinjau kembali , tergantung pada seberapa sering desain perlu touch-up , untuk memperbaiki atau agar lebih sesuai dengan kriteria . Ini adalah loop terus menerus , di mana umpan balik merupakan komponen utama . [ 5 ] Untuk mendobrak bahkan lebih , tujuh tahap menentukan bagaimana proses bekerja . Analisis terdiri dari dua tahap , konsep ini hanya satu tahap , dan sintesis meliputi empat lainnya .analisa

    
Terima Situasi : Di sini , para desainer memutuskan berkomitmen untuk proyek dan menemukan solusi untuk masalah ini . Mereka sumber daya mereka ke dalam mencari tahu bagaimana untuk menyelesaikan tugas yang paling efisien . [ 5 ]
    
Analisa : . . " Pada tahap ini , semua orang di tim mulai penelitian Mereka mengumpulkan bahan umum dan khusus yang akan membantu untuk mengetahui bagaimana masalah mereka dapat diselesaikan ini dapat berkisar dari statistik , kuesioner , dan artikel , di antara banyak sumber lain [ . 5 ]konsep

    
Tentukan : Di sinilah isu utama dari masalah ini didefinisikan . Kondisi masalah menjadi tujuan , dan hambatan pada situasi menjadi parameter di mana desain baru harus dibangun . [ 5 ]perpaduan

    
Membentuk pengertian : Para desainer di sini brainstorming ide-ide yang berbeda , solusi untuk masalah desain mereka . Sesi brainstorming yang ideal tidak melibatkan bias atau penghakiman , melainkan didasarkan pada ide-ide asli . [ 5 ]
    
Pilih : . Sekarang , para desainer telah mempersempit ide-ide mereka untuk beberapa orang terpilih , yang dapat dijamin keberhasilan dan dari sana mereka dapat menguraikan rencana mereka untuk membuat produk [ 5 ]
    
Melaksanakan : . Sinilah prototipe dibangun , rencana yang digariskan dalam langkah sebelumnya direalisasikan dan produk mulai menjadi objek yang sebenarnya [ 5 ]
    
Evaluasi : Pada tahap terakhir , produk diuji , dan dari sana , perbaikan yang dilakukan. Meskipun ini adalah tahap terakhir , itu tidak berarti bahwa proses selesai. The selesai prototipe mungkin tidak bekerja dengan baik seperti yang diharapkan sehingga ide-ide baru perlu brainstorming . [ 5 ]Inovasi tarikan permintaan dan inovasi penemuan - dorongKebanyakan desain produk termasuk dalam salah satu dari dua kategori : . Inovasi demand -pull atau inovasi penemuan - dorong [ 6 ]Demand -pull terjadi ketika ada peluang di pasar untuk dieksplorasi oleh desain produk . [ 6 ] desain produk ini mencoba untuk memecahkan masalah desain . Solusi desain dapat menjadi pengembangan produk baru atau mengembangkan produk yang sudah ada di pasar , seperti mengembangkan penemuan yang ada untuk tujuan lain . [ 6 ]Inovasi Penemuan - dorongan terjadi ketika ada kemajuan dalam kecerdasan . Hal ini dapat terjadi melalui penelitian atau dapat terjadi ketika desainer produk datang dengan ide desain produk baru . [ 6 ]Produk ekspresi desainEkspresi Desain berasal dari efek gabungan dari semua elemen dalam suatu produk . Nada warna , bentuk dan ukuran harus mengarahkan pikiran seseorang terhadap membeli produk . [ 7 ] Oleh karena itu dalam kepentingan terbaik desainer produk untuk mempertimbangkan penonton yang paling mungkin untuk menjadi konsumen akhir produk. Mengingat bagaimana konsumen akan melihat produk selama proses desain akan mengarahkan menuju kesuksesan produk di pasar . [ 8 ] Namun, bahkan dalam audiens yang spesifik , itu menantang untuk memenuhi setiap kepribadian mungkin dalam kelompok itu.Solusi untuk itu adalah untuk menciptakan sebuah produk yang , dalam penampilan yang dirancang dan fungsi , mengekspresikan kepribadian atau menceritakan sebuah cerita. [ 7 ] Produk yang membawa atribut seperti lebih mungkin untuk mengeluarkan ekspresi yang lebih kuat yang akan menarik lebih banyak konsumen . Pada catatan penting untuk diingat bahwa ekspresi desain tidak hanya menyangkut penampilan produk , tetapi juga fungsinya . [ 7 ] Sebagai contoh , sebagai manusia penampilan kita serta tindakan kita tunduk pada penilaian orang ketika mereka membuat kesan pertama kami . Orang biasanya tidak menghargai orang yang kasar bahkan jika mereka tampan . Demikian pula , produk dapat memiliki tampilan yang menarik tetapi jika fungsinya tidak menindaklanjuti hal itu kemungkinan besar akan penurunan dalam hal minat konsumen . Dalam hal ini , desainer seperti komunikator , mereka menggunakan bahasa unsur yang berbeda dalam produk untuk mengekspresikan sesuatu . [ 9 ]Pertimbangan desain produkDesain produk ini bukanlah tugas yang mudah . [ 10 ] The pemangku kepentingan yang terlibat semua menuntut sesuatu yang berbeda dari desainer produk dan dari proses desain . [ 10 ]

    
Produsen yang bersangkutan dengan biaya produksi ; . Pada akhirnya , produsen menginginkan produk yang dihasilkan ekonomi [ 10 ]
    
Pembeli melihat harga , penampilan , dan nilai prestise . [ 10 ]
    
Pengguna akhir prihatin dengan kegunaan dan fungsi dari produk akhir . [ 10 ]
    
Pemeliharaan dan perbaikan departemen berfokus pada seberapa baik produk akhir dapat dipertahankan : ? Adalah produk mudah dipasang kembali , dibongkar , didiagnosis , dan dilayani [ 10 ]Kebutuhan stakeholders bervariasi dari satu sama lain dan itu adalah tugas desainer produk untuk memasukkan kebutuhan tersebut ke dalam desain mereka .Tren dalam desain produkDesainer produk perlu mempertimbangkan semua rincian : cara orang menggunakan dan objek penyalahgunaan , produk rusak , kesalahan yang dibuat dalam proses desain , dan cara-cara yang diinginkan di mana orang berharap mereka bisa menggunakan benda-benda [ 11 ] Banyak desain baru akan gagal dan . banyak bahkan tidak akan bisa sampai ke pasar . [ 11 ] Beberapa desain akhirnya menjadi usang . Proses desain sendiri bisa sangat frustasi biasanya mengambil 5 atau 6 kali mencoba untuk mendapatkan desain produk yang tepat . [ 11 ] Sebuah produk yang gagal di pasar pertama kali bisa kembali diperkenalkan ke pasar 2 kali . [ 11 ] Jika terus gagal , produk ini kemudian dianggap mati karena pasar percaya itu menjadi gagal. [ 11 ] Sebagian besar produk baru gagal , bahkan jika itu ide bagus . [ 11 ] Semua jenis desain produk yang jelas terkait dengan kesehatan ekonomi sektor manufaktur . Inovasi memberikan banyak dorongan kompetitif untuk pengembangan produk baru , dengan teknologi baru sering membutuhkan interpretasi desain baru . Hanya membutuhkan satu produsen untuk menciptakan paradigma produk baru untuk memaksa sisa industri untuk mengejar ketinggalan - . Memicu inovasi lebih lanjut [ 12 ] Produk yang dirancang untuk menguntungkan orang-orang dari segala usia dan kemampuan - tanpa hukuman kepada kelompok - mengakomodasi penuaan pembengkakan kami populasi dengan memperluas kemandirian dan mendukung kebutuhan fisik dan sensorik mengubah kita semua hadapi saat kita beranjak tua . [ 13 ]


sumber: http://123desaingrafis.blogspot.com/2013/12/pengertian-desain-produk.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar